-->

Jalur Pendakian Gunung Pundak via Putuk Siwur

- December 27, 2018
gunung pundak

Gunung Pundak merupakan salah satu dari punggungan Gunung Welirang dengan ketinggan 1547 Mdpl. Letaknya berada di bawah Gunung Welirang seolah-olah membuat gunung ini seperti bahunya (dalam Bahasa Jawa, bahu disebut dengan pundak). Yah begitulah nama gunung pundak berasal.

Secara administratif Gunung Pundak berada di Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Terdapat dua jalur pendakian untuk mendaki Gunung Pundak, yakni via jalur Putuk Siwur dan Jalur Tahura. Artikel kali ini akan membahas tentang jalur pendakian Gunung Pundak via Putuk Siwur.

Akses Menuju Basecamp

Langsung saja ambil rute menuju ke pemandian air panas Pacet. Basecamp berada di pinggi jalan menuju pemandian. Jika masih bingung kalian bisa cari di google maps dengan keyword “Pos Pendakian Puthuk Siwur

Basecamp ini menyediakan penitipan sepeda motor dan terdapat beberapa warung. Setelah semuanya siap maka siapkan uang untuk membayar retribusi pendakian sebesar Rp. 10.000,-.

Jalur Pendakian

Basecamp – Panggung Selfie (20 menit)

Perjalanan diawali dengan menyusuri jalan setapak landai di samping basecamp. Kemudian, menjelang memasuki hutan pinus, kalian akan disambut dengan sebuah tanjakan. Trek sepanjang perjalanan menuju ke Panggung Selfie tergolong landai dan tidak terlalu menguras tenaga.

Panggung selfie tempatnya mirip seperti gardu pandang yang tersusun dari beberapa batuan besar. Di tempat ini kita bisa melihat view pedesaan yang berada di bawah. Jika cuaca cerah sempatkanlah mengambil foto ditempat ini.

gunung pundak
View Panggung Selfie


Panggung Selfie – Camp 1 (25 menit)

Selepas Panggung Selfie kalian akan disambut oleh tanjakan landai. Cukup banyak tanjakan landai sepanjang perjalanan menuju ke Camp 1. Vegetasi sepanjang perjalanan berupa hutan pinus yang cukup memanjakan mata.

Camp 1 berada ditengah-tengah hutan pinus dan tempatnya teduh sekali. Disini juga terdapat pos yang bisa digunakan untuk beristirahat. Terdapat lahan yang cukup luas untuk mendirikan tenda disini. Yaiyalah kan namanya saja camp 1!

Camp 1 – Camp 2 (45 menit)

Selepas Camp 1 trek masih tetap diwarnai oleh tanjakan landai hingga keluar hutan pinus. Selanjutnya vegetasi berubah menjadi terbuka dan trek menjadi sedikit lebih terjal hingga sampai di Camp 2.

Camp 2 berada di vegetasi terbuka dan viewnya cukup luas. Disini terdapat lahan yang cukup luas untuk mendirikan tenda. Menurut saya, camp 2 ini cocok dijadikan tempat camping ceria karena lokasinya cukup tinggi, udaranya cukup dingin, dan viewnya luas.

Camp 2 – Putuk Siwur (35 menit)

Pada Perjalanan menuju Putuk Siwur kalian akan keluar masuk hutan, karena selepas Camp 2 kalian akan memasuki hutan, kemudian keluar hutan, masuk hutan lagi dan sampai lah di Putuk Siwur. Trek pada perjalanan ini semakin menanjak/terjal dan terasa melelahkan.

Putuk Siwur merupakan puncak bukit dengan vegetasi terbuka yang terdapat banyak bebatuan. Disini terdapat pos kecil yang bisa digunakan untuk beristirahat. View yang disajika Puthuk Siwur cukup luas, kalian bisa melihat gagahnya Gunung Penanggungan yang berdiri di seberang. Tepat dibawah Putuk Siwur terdapat lahan datar yang cukup luas untuk mendirikan tenda. Tempat ini juga cocok untuk digunakan camping ceria.

gunung pundak
View Putuk Siwur


Putuk Siwur – Gunung Pundak (30 menit)

Perjalanan menuju Gunung Pundak diawali dengan melewati semacam gapura. Kemudian kalian akan disambut oleh tanjakan hingga akhirnya trek menurun kemudian menanjak terjal hingga sampai di Gunung Pundak. Vegetasi berupa ilalang tinggi. Menjelang sampai di Puncak Gunung Pundak, vegetasi perlahan menjadi terbuka dan trek menjadi landai. Terus ikuti saja jalanan landau tersebut hingga sampai di Puncak Gunung Pundak.

Puncak Gunung Pundak merupakan tempat terbuka yang cukup luas, datar daan terdapat padang ilalang. Sangat cocok sekali digunakan untuk mendirikan tenda. View yang disajikan disini yakni Gunung Welirang yang berdiri dengan gagahnya di seberang.

gunung pundak
View Gunung Pundak

Sekian artikel ini, semoga bisa membantu dan terimakasih. Salam!


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search