-->

Jalur Pendakian Putuk Lesung (1740 Mdpl)

- December 27, 2018
Putuk lesung

Dalam Bahasa Jawa kita mengenal kata ‘Putuk’ yang artinya bukit. Putuk Lesung merupakan satu dari sekian banyak bukit yang berada disekitar atau di bawah gunung Arjuno- Welirang. Putuk Lesung mempunyai ketinggian 1740 mdpl dan berada di Desa Tambaksari, Kecamatan Puwosari, Kabupaten Pasuruan.

Putuk Lesung dapat didaki melalui jalur pendakian Gunung Arjuno via Purwosari. Jalur pendakiannya kurang lebih sama namun setelah pos 2 (Tampuono) terdapat pertigaan, lalu belok ke kanan untuk menuju ke Putuk Lesung ini. Jika kurang jelas maka ada baiknya kalian membaca penjelasannya di bawah ini.

Akses Menuju Basecamp

Langsung saja menuju Pegadaian Purwosari, letaknya berada di pinggir jalan raya Surabaya-Malang. Setelah sampai, ikuti jalan disamping pegadaian hingga sampai di Dusun Tambakwatu.
Jika kalian naik bus atau angkutan umum bilanglah ke kondektur turun di Pegadaian Purwosari. Setelah sampai pegadaian, kalian bisa naik ojek dengan tarif yang terbilang pantas meunju ke Dusun Tambakwatu. Pangkalan ojeknya berada tepat di samping pegadaian, so jangan khawatir mencari transportasi ke Dusun Tambakwatu.

Basecamp Dusun Tambakwatu berada di salah satu warga, letaknya berada dipinggir jalan desa setelah pertigaan terakhir. Di basecamp ini juga terdapat penitipan kendaraan bermotor dengan tarif Rp. 5.000,-.

Note wajib dibaca!

Jika kalian ingin mendaki ke Gunung Arjuno, loket pembayaran retribusi berada di depan basecamp. Tarifnya Rp. 14.200,-/hari. Loket buka mulai pukul 07.00 – 15.30.

Putuk lesung
Loket Gunung Arjuno di Basecamp Tambakwatu

Jika kalian ingin mendaki ke Putuk Lesung maka loket pembayaran berada di pintu masuk hutan sehingga dari basecamp Tambakwatu, kalian langsung saja memulai trekking. Tarifnya Rp. 10.000,-. Untuk pelayanan loket sepertinya 24 jam. Di loket ini juga terdapat penitipan sepeda motor tetapi saya tidak merekomendasikan untuk menitipkannya disini karena akses menuju loket berupa jalanan bebatuan.

Jalur Pendakian

Basecamp – Pos 1 Gua Ontobego (60 menit)

Perjalanan dari basecamp, kalian akan melewati jalanan aspal pedesaan sampai di gapura dan jalanan berganti menjadi berpaving. Di jalanan berpaving ini treknya menanjak landai. Menjelang memasuki hutan, jalanan berpaving berganti menjadi trek berbatu (mirip dengan trek arjuno via tretes). Sekitar 5-10 menit berjalan di trek berbatu, kalian akan tiba di loket Putuk Lesung.

Di Basecamp Tambakwatu juga menyediakan ojek sampai ke pintu masuk hutan (loket Putuk Lesung) dengan biaya sekitar Rp. 10.000 - 20.000,-.

Putuk lesung
Loket Putuk Lesung

Selepas loket pembayaran, trek masih berbatu dan diselingi dengan tanah padat. Kondisi trek terus menerus menanjak landai hingga menjelang sampai di Pos 1 Gua Ontobego, tanjakan menjadi sedikit curam. Sepanjang perjalanan menuju pos 1 ini vegetasinya berupa hutan pinus dan karet.

Putuk lesung
Gua Ontobego

Guo Ontobego ini tempatnya cukup luas, terdapat warung dan beberapa bangunan. Oh iya, disini juga terdapat kamar mandi, jadi tidak usah khawatir jika ingin buang air kecil.

Pos 1 Guo Ontobego – Pos 2 Tampuono (60 menit)

Selepas Guo Ontobego trek masih menanjak landai. Kondisi trek berbatu dan diselingi dengan tanah padat. Namun menjelang sampai di Watu Tulis, tanjakan menjadi sedikit lebih curam dan cukup menguras tenaga tentunya. Tanjakan yang sedikit lebih curam ini berlanjut hingga kita sampai di pos 2. Vegetasi sepanjang perjalanan berupa hutan yang cukup rimbun.

putuk lesung arjuno
Pos 2 Tampuono
Tidak seperti Goa Ontobego, di pos 2 Tampuono ini tempatnya tidak terlalu luas. Terdapat sebuah warung disini dan beberapa bangunan yang sepertinya merupakan petilasan. Oh iya, disini juga terdapat mata air Sendang Dewi Kunti.

Pos 2 Tampuono – Putuk Lesung (30 - 60 menit) 

Dari Tampuono ini Putuk Lesung sudah semakin dekat. Sekitar 5 menit berjalan dari Tampuono, kalian akan sampai di pertigaan. Beloklah ke kanan ke arah air terjun Gumandar untuk menuju ke Putuk Lesung.

Selepas Pertigaan ini kondisi trek berupa tanah padat dan vegetasi berupa hutan hujan yang rimbun. Cukup horor jika melewati hutan ini ketika hujan atau mendung. Trek cukup landau dan diselingi beberapa turunan. Menjelang sampai di Putuk Lesung, perlahan vegetasi berubah menjadi terbuka.

Setibanya di Putuk Lesung, kalian akan disambut dengan pemandangan yang memanjakan mata karena tempatnya terbuka. Pemandangan yang bisa dilihat dari tempat ini antara lain Gunung Semeru dan Puncak Arjuno. Di Putuk Lesung terdapat beberapa bangunan rumah dan sebuah warung.

Putuk lesung
Puncak Putuk Lesung

Jika kalian berniat mendirikan tenda untuk bermalam, maka jangan khawatir karena tersedia lahan yang luas untuk mendirikan tenda (mirip seperti di Puncak Gunung Pundak). Putuk Lesung cocok dijadikan sebagai tempat untuk berburu sunrise karena tempatnya terbuka dan menghadap ke timur.

Mungkin sebagian dari kalian bertanya-tanya mengapa bukit tersebut dinamakan Putuk Lesung? Karena dibukit ini terdapat situs berupa batuan yang bentuknya mirip lesung.

Sekian artikel ini, semoga bisa membantu dan terimakasih. Salam!


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search