-->

Pantai Paseban, Pesona Hamparan Pasir Hitam di Jember Selatan!

- April 16, 2019
Kabupaten Jember memiliki banyak potensi wisata, salah satunya adalah pantai. Banyak pantai-pantai di Jember yang sudah terkenal karena keindahannya, antara lain Pantai Watu Ulo, Payangan, Papuma, dll. Selain pantai-pantai tersebut, ada sebuah pantai yang tak kalah indahnya yakni Pantai Paseban.

Pantai Paseban berada di sebelah barat laut Kota Jember. Tepatnya pantai ini berada di Desa Paseban, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember. Jika dari Kota Jember, kalian harus menempuh jarak 52 km untuk menuju ke pantai ini atau sekitar 1,5 jam perjalanan.

Rute yang dilewati yakni  jalur Balung – Puger ataupun jalur Tanggul lalu belok ke arah selatan. Kedua jalur ini akan bertemu di pertigaan setelah pasar Kencong. Dari pasar Kencong, terus ikuti jalan ke arah barat, sampai bertemu dengan pertigaan yang ada petunjuk jalan berbentuk arah panah yang bertuliskan “Pantai Paseban …. Km” (maaf lupa). Di pertigaan tersebut, belok ke kiri ke arah selatan. Terus ikuti jalan ke arah selatan dan kalian akan sampai di Pantai Paseban.

Sesampainya di lokasi parkiran, kalian harus berjalan sekitar 300 – 500 meter untuk sampai ke lokasi pantai. Tenang saja, jalannya sudah berpaving kok. Pada akhir pekan atau hari libur, biasanya banyak penjual makanan dan souvenir di sepanjang jalan setapak ini.

pantai paseban
Jalan menuju ke pantai
Pantai Paseban memiliki pasir berwarna hitam. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 2 km, jadi bisa dibayangkan pantai ini luasnya seperti apa. Tidak seperti kebanyakan pantai selatan yang terkenal memiliki ombak yang ‘ganas’, di pantai ini ombaknya tergolong tenang dan tidak ada karangnya. Namun begitu, disekitar pantai banyak tertulis larangan mandi di area pantai/laut. Tetapi masih ada sebagian orang yang nekat mandi di pantai.

Suasana disini sangatlah enak, menikmati deburan ombak yang tenang ditemani semilir angin sepoi-sepoi. Di tepi pantai ini juga ada warung penjual makanan lo, jadi jangan khawatir kelaparan ataupun kehausan. Selain itu di tempat ini juga terdapat beberapa kapal nelayan yang sedang bersandar.

Oh iya ada satu hal yang hampir lupa disampaikan, di seberang pantai ini terdapat Pulau Nusa Barong (Nusa Barung). Pulau tersebut tidak berpenghuni dan masuk ke dalam wilayah Kecamatan Puger. Jadi dari pantai Paseban ini kalian bisa melihat pemandangan/view Pulau Nusa Barong.

pantai paseban
Hamparan pasir hitam dengan pemandangan Pulau Nusa Barong
Bagi yang berminat berkunjung ke Pulau Nusa Barong, kalian harus menuju ke Pelabuhan Puger terlebih dahulu. Di Pelabuhan Puger terdapat banyak nelayan yang menyewakan perahunya untuk ‘menyebrang’ ke Pulau Nusa Barong. Harga sewa perahu bervariasi tergantung skill tawar menawar kalian. Satu hal yang perlu kalian ingat sebelum berkunjung ke Pulau Nusa Barong, kalian wajib mendapatkan izin dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur, Bidang KSDA Wilayah III Jember

Informasi Umum:

  • HTM: Rp. 7.500,-
  • Tiket parkir: Rp. 5.000/motor dan Rp. 10.000/mobil
  • Fasilitas: Warung makanan, kamar mandi, mushola

Sekian artikel ini, semoga bisa membantu dan terimakasih. Salam!


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search