-->

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng/Trawas

- April 11, 2019
Gunung penanggungan

Gunung Penanggungan (1653 Mdpl) merupakan sebuah gunung berapi yang terletak di Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto. Gunung Penanggungan masih satu cluster dengan Gunung ArjunoWelirang. Gunung ini menjadi magnet bagi para pendaki karena keindahaannya dan membutuhkan waktu yang relatif singkat untuk mendakinya.

Gunung Penanggungan mempunyai beberapa jalur pendakian, antara lain:
  • Jalur Trawas
  • Jalur Jolotundo
  • Jalur Ngoro
  • Jalur Gempol
  • Jalur Kedungudi
Pada artikel ini saya akan membahasa tentang jalur pendakian Gunung Penanggungan via Trawas.

Akses Menuju Basecamp 


Dari Pandaan, kalian ambil arah menuju ke Trawas. Cukup banyak petunjuk jalan yang bisa membawa kalian sampai ke Trawas. Kalau masih tidak tahu ya bisa buka google maps. Sampai di BRI Trawas, belok kanan lalu belok kiri lalu belok kanan lagi. Ikuti jalan yang ada sampai ke Kampus III Ubaya. Nah, di sebelah Kampus Ubaya itulah Basecamp pendakian Gunung Penanggungan via Trawas ini berada.

Pos-pos yang dilewati


Basecamp – Puncak bayangan (3 jam)


Sepanjang perjalanan dari basecamp s/d puncak bayangan kalian akan melewati 4 pos. Pos 1, 2, 3, dan 4 ini letaknya berdekatan. Dari pos 4 menuju puncak bayangan inilah yang jaraknya agak jauh. Di masing-masing pos terdapat sebuah gubug untuk beristirahat dan papan penanda kalau itu posnya.
Trek awal selepas basecamp, kalian akan diambut oleh turunan yang dilanjutkan dengan jalanan datar. Trek datar ini akan kalian susuri sampai di pos 2 (letaknya di tikungan). Selepas pos 2 barulah trek yang sebenarnya dimulai.

Trek akan terus menanjak dan lumayan menguras tenaga. Treknya jarang atau bahkan enggak ada bonus jalanan datarnya. Oh iya mulai dari pos 2 ini vegetasi berupa hutan. Menjelang puncak bayangan vegetasi akan berubah menjadi terbuka yang merupakan penanda kalau kalian akan sampai di puncak bayangan. Menjelang puncak bayangan juga treknya semakin menanjak dan menguras tenaga.

Puncak bayangan ini biasa dijadikan tempat ngecamp oleh para pendaki. Dari sini kalian bisa melihat view kelap-kelip lampu kota (kalau malam) dan view Gunung Arjuno – Welirang di kala siang hari jika cuaca sedang cerah.

Puncak bayangan – Puncak Penanggungan (1 jam)


Perjalanan awal dari puncak bayangan, kalian akan disambut tanjakan yang tidak terlalu curam (buat pemanasan). Setelah itu kalian akan disambut dengan tanjakan yang lumayan curam sampai Puncak Penanggungan.

Sepanjang perjalanan vegetasinya terbuka dan kalian tidak akan menemui pohon. Kalau sedang hujan atau habis turun hujan treknya ini agak-agak licin, jadi tetaplah berhati-hati. Biasanya para pendaki melakukan summit attack pada jam 3-4 dini hari untuk memburu sunrise di Puncak Penanggungan. Kelap-kelip lampu perkotaan akan menemani perjalanan para pendaki.


Gunung penanggungan
View Arjuno-Welirang saat summit attack
Puncak Penanggungan berupa lahan terbuka yang lumayan luas. Terdapat sebuah makam di Puncak Penanggungan ini. Kalau mau tanya itu makamnya siapa, mohon maaf saya kurang tahu. Di Puncak Penanggungan ini terdapat bekas kawah yang kini sudah ditumbuhi rerumputan.

Dari Puncak Penanggungan, jika cuaca sedang cerah kalian bisa melihat view Gunung ArjunoWelirang di sebelah selatan. Selain itu kalian juga bisa melihat kerucut Gunung Semeru dari kejauhan.

Gunung penanggungan
View Arjuno-Welirang dari Puncak Penanggungan
Ketika perjalanan turun, jangan lupa untuk tetap berhati-hati karena treknya lumayan curam dan minim pegangan. Terlebih lagi ketika sedang turun hujan, kondisi itu akan menyulitkan kalian.

Sekian artikel ini, semoga bisa membantu dan terimakasih. Salam!


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search