-->

Pantai Pulau Merah, Wajib Kesini Kalau ke Banyuwangi!

- January 03, 2019
Berwisata ke Banyuwangi tak lengkap rasanya jika tidak mengujungi pantai-pantainya yang eksotis dan menjadi icon jualan wisata di Kabupaten Banyuwangi. Salah satu dari sekian banyak pantai yang ada di Kabupaten Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah.  Pantai ini terletak di Desa Sumberagung,  Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. FYI, kawasan Pantai Pulau Mera dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan.

Untuk menuju ke pantai ini dari pusat Kabupaten Banyuwangi, ikuti saja jalan menuju ke pertigaan Pasar Jajag. Setelah sampai di pertigaan, kemudian belok ke kiri. Setelah belok ke kiri, ikuti saja jalan yang ada hingga sampai di Pantai Pulau Merah. Jangan khawatir tersesat karena di sepanjang jalan banyak petunjuk jalan yang mengarahkan menuju ke Pantai Pulau Merah.

Jika kalian naik kendaraan umum dari pusat Kabupaten Banyuwangi, naiklah bus Banyuwangi – Pesanggaran dari Terminal Brawijaya. Setelah sampai di Terminal Pesanggaran, kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan naik ojek.

Jika kalian naik kendaraan umum dari jember, naiklah bus Jember – Banyuwangi, turunlah di Termina Jajag. Kemudian cari bus jurusan Pesanggaran. Setelah sampai di Terminal Pesanggaran, kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan naik ojek.

Sebelum memasuki kawasan Pantai Pulau Merah, kalian akan menemukan sebuah gapura yang juga merupakan loket pembayaran tiket masuk.

Harga tiket masuk Pantai Pulau Merah: 

  • Harga tiket: Rp. 8.000,-/orang
  • HTM kendaraan: Rp. 2.000,-/sepeda motor dan Rp. 5.000,-/mobil 

Sesampainya di Pantai Pulau Merah, kalian akan disambut dengan hamparan pasir putih yang indah dengan panjang +/- 3 km. Garis pantai di pantai ini berbentuk melengkung kawan.  Di sebelah timur pantai ini terdapat sebuah bukit dengan ketinggian 200-300 meter yang bisa dicapai ketika air laut sedang surut.

Pantai pulau merah
Hamparan pasir Pantai Pulau Merah

Pantai pulau merah
Hamparan pasir Pantai Pulau Merah

Kalau dilihat lebih teliti, sebenarnya pantai ini tidak benar-benar menghadap ke lautan bebas. Tetapi letak pantai ini agak menjorok ke dalam sebuah teluk. Kalau tidak salah nama teluknya adalah Teluk Pancer.

Di pesisir bagian timur terdapat sebuah bukit dengan ketinggian 200 meter yang tersusun dari tanah yang warna kemerahan. Jika air sedang surut, kalian menuju bukit tersebut dengan berjalan kaki, namun jika air sedang pasang maka bukit tersebut akan terlihat seperti sebuah pulau. Konon dari bukit itulah nama Pulau Merah ini berasal.

Pantai pulau merah
Bukit Pulau Merah tampak di belakang

Di Pantai Pulau Merah ini kita bisa berjemur menikmati pemandangan yang indah sambil berfoto ria, berenang, bersantai di pinggir pantai, bahkan surfing/berselancar. Pantai ini juga terkenal karena ombaknya yang disukai oleh para peselancar, maka jangan heran jika kalian melihat ada orang yang berselancar. Maka tak heran jika pada tanggal 24 - 26 Mei 2013 lalu pernah diadakan lomba selancar di Pantai Pulau Merah. Event tersebut bernama Banyuwangi International Surf Competition 2013 yang diikuti oleh 15 negara.

Waktu terbaik menikmari keindahan pantai ini adalah pada sore hari sampai terbenamnya matahari. Tahukah kalian, sunset di Pantai Pulau Merah ini sangat indah sekali!

Jangan khawatir kelaparan ketika berkunjung ke pantai ini, karena di sekitar lokasi pantai, banyak terdapat warung penjual makanan dengan harga yang bersahabat tentunya. Selain itu, di sekitar pantai ini juga banyak terdapat homestay dengan tarif mulai dari Rp. 100.000,- /malam.

Sekian artikel ini, semoga bisa membantu dan terimakasih. Salam!


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search